Animated Banner

Animated Banner
Cyber Generation For Better Future

Ads

Popular Article

Monday, October 17, 2011

Behind The Sites (Facebook)

            Semenjak tahun 2000, Internet telah mulai menjamur ke mana - mana, bahkan untuk saat ini yang namanya Warnet (Internet Cafe), Wi-Fi, dan penggunaan fasilitas mobile modem sudah menjadi hal yang biasa. Di sekitar kampus saya, hampir setiap 2 meter ada Warnet, di dalam kampus pun disediakan jaringan WLAN bagi mahasiswa. Nah, kalau surfing di Internet teman - teman buka apa sih?

               Facebook dan beberapa website lainnya tentunya tidak asing lagi, terutama bagi teman - teman yang suka surfing. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai Facebook, yang tentunya hampir semua teman - teman memiliki accountnya. Bagaimana sih kisah dibalik suksesnya?


Facebook.com (Social-Network)
Pendiri: Mark Zuckerberg "You don't get to 500 millions friends without making a few enemies"

Photos of Mark Zuckerberg
(from Google)
                Kisah bagaimana proses pendirian facebook oleh Mark dapat kita saksikan di dalam film The Social Network (2010), yang menceritakan bagaimanakah rumitnya dan tantangan yang dihadapi oleh Mark yang harus berhadapan dengan tuntutan hukum yang diajukan oleh teman - temannya sendiri. 
                   
                   Mark mengawali situsnya dengan membuat situs Facemash yang digunakan oleh penggunanya untuk menilai dan membandingkan kecantikan mahasiswi di Universitas Harvard tempatnya menimba ilmu. Dalam waktu dalam 1 jam sejak peluncurannya, Facemash ini telah berhasil menarik 450 pengunjung dengan 22.000 photo-views. Dari banyaknya "demand" atas situsnya tersebut, kemudian Mark melanjutkan pengembangan situsnya tersebut dalam bentuk yang lebih baik.

thefacebook layout
(image from google)
                   Pada awal tahun 2004, Mark secara mandiri mulai untuk melakukan Coding yang menjadi fondasi awal dari situs facebook.com. Dan pada bulan Februari 2004, situs thefacebook.com diluncurkan, namun ditentang oleh kolega Mark yang menuduhnya mencuri ide situs Social Network. Walaupun demikian, kian hari situs thefacebook.com semakin populer tidak hanya terbatas di kalangan mahasiswa Harvard saja, bahkan sampai di Universitas Stanford, Columbia, dan Yale. Pada tahun 2005, thefacebook.com diubah menjadi facebook.com hingga saat ini. Dengan semakin banyaknya user, Mark semakin banyak menambah berbagai fitur - fitur. 

                        Tahun 2006, fitur Notes diimplementasikan dan memungkinkan bagi user untuk melakukan tag kepada user lain, serta melakukan share foto pada note. Pada tahun 2007, fitur Marketplace untuk memudahkan user beriklan di Facebook. Fitur - fitur wall, poke, photos, dan status semakin diperbaiki dengan menambahkan fitur privacy setting. Dan pada tahun 2008, Tampilan Facebook dirombak secara signifikan sehingga napak lebih rapi. Bahkan sampai tahun 2011 ini, Facebook telah melakukan beberapa kali perombakan pada tampilannya dan telah melakukan pengembangan dalam fitur securitynya.

                  Saat ini, Facebook telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia. 

Disclaimer: Images taken from Internet without any intend to violate any copyright. 






No comments:

Post a Comment