Animated Banner

Animated Banner
Cyber Generation For Better Future

Ads

Popular Article

Friday, October 7, 2011

Cara Memasukkan Musik Ke Blog

            Mungkin ada di antara teman - teman yang masih bingung caranya masukin lagu - lagu favorit kita ke blog atau webpage kita. Gimana sih caranya? Gampang kok, ikutin aja step by step di bawah ini. 

            Dalam tutorial ini kita gunakan situs Hypster.com sebagai acuan, sebab blog ini juga menggunakan situs yang sama untuk music playernya... :)


Ok deh, tanpa banyak omong lagi:
1. Buka http://www.hypster.com/ di browser Kamu.
    
        Kalau belum punya account hypsternya, teman - teman bisa lakukan Registrasi dengan mengclick Tab "Register",     isiin username yang Kamu mau, isiin juga email Kamu (tentunya email yang masih aktif) dan password yang mau Kamu gunakan untuk account hypster Kamu. (Catat bila perlu, ataupun gunakan username dan password yang gampang untuk diingat). Jangan lupa ketik ulang passwordnya di "Confirm password", baru deh click tombol "Register" yang di bawah.

            Kalau sudah punya account ya tinggal login aja. Kalau posisi sudah Login, silahkan lanjutkan ke step berikutnya. :)


2. Mengisi Playlist

          Selanjutnya adalah mengisi playlist yang kita punya, yaitu dengan melakukan search dari nama lagu atau artis favorit kita di halaman utama (click tab "my account" jika Kamu belum di halaman utama). Silahkan lihat gambar.


di box yang saya lingkari warna biru, ketikan nama lagu atau nama artis yang kita inginkan, lalu click tombol "search". Sebagai contoh, saya mengetikan kata "Love" dan mengclick tombol search, maka hasilnya akan seperti di gambar dibawah ini.



Banyak ya hasilnya, tapi kalau kamu tahu yang kamu mau (iklan bener deh), silahkan aja diketikin tuh nama lagunya. Nah kalo dah kebuka hasilnya, selanjutnya adalah tinggal dicoba - coba, mana lagu yang Kamu mau dan tentunya bisa diputar.... 

Click tombol play di sebelah kiri judul lagu untuk dicoba bisa diplay apa ga... (lihat gambar di atas yang saya lingkari hitam). Kalau udah yakin dan dah bisa diplay, ke bagian kanan judulnya yang tadi kita pilih, click tombol " + " untuk menambahkan lagu itu ke playlist kita di bagian kanan. :)

Untuk mencari lagu lainnya, tinggal ketik nama lagu yang kita mau di bawah kata search, lalu klik submit. dan ulangi langkah di atas untuk mengisi playlist kita. 

Kalau ada yang mau dihapus dari playlist kita, tinggal click kata "delete" di sebelah nama lagu yang mau kita hapus dari playlist kita.

Kalau dirasa playlistnya dah cukup, silahkan lanjut ke langkah selanjutnya.


3.  Mendapatkan Html Embed Code Playlist

        Kembali ke halaman utama hypster kita (tab "my account"), click gambar kaset di bawah tulisan "Player Skins" (lihat gambar di bawah ini)


Click gambar kaset kuno (sumpe jadul banget) seperti yang di lingkari warna merah pada gambar di atas. 

Nanti akan keluar pilihan seperti gambar ini:


Pilih yang kanan (Classic Player) lebih direkomendasikan

ATAU

Pilih yang kiri (yang saya kotakin biru)... tapi tidak semua blog bisa menggunakan yg kiri.

Lalu.... dipilih dipilih dipilih yang mana yang sesuai dengan yang Kamu mau.... 
Cara pilihnya tinggal klik buletan yang ada di sebelah kanan tampilan player yg kamu mau. (lihat yang saya kotakin hitam)



Kalau sudah yakin, click pada tombol "configure settings" (saya kotakin warna merah).
Akan muncul ke layar berikutnya seperti ini:


Playlist                   :  pilih playlist yang mau dimasukin ke blog kita

Autostart          :  apa lagu langsung mau automatis play waktu blog kita dibuka? (pilih yes, kalau mau otomatis start)

Shuffle Playback    : ---------> apa lagu yang ada di playlist akan secara random di play? (pilih yes, kalau mau dirandom)

Placement of the Player :  playernya mau ditaruh dimana (dilayar). Pilih "Top" untuk di bagian atas layar, pilih "bottom" untuk di bagian bawah layar blog.

Show playlist by default : apakah playlistnya mau diperlihatkan pada saat blog di buka? (saya rekomendasikan untuk membiarkan tetap "No", karena kalau di aktifkan akan memakan tempat). :)

Kalau sudah yakin, click tombol "Get Code!"


copy semua tulisan html di dalam box. nah HTML code itulah yang diperlukan untuk dimasukan ke blog kita.


4. Buka Blog kita di window browser lain


Biarkan window hypster code tadi terbuka, bukalah blog kita di window browser baru. Kalau kamu menggunakan blogger.com seperti saya, login di blogger, kemudian buka blog kamu, dan klik tulisan desain di sudut kanan atas (seperti pada gambar).

akan muncul seperti gambar berikut:


Click "Tambah Gadget"


Pilih "HTML/JavaScript", lalu click tombol "+", maka akan muncul window gadget baru yang kosong.



Paste kan code dari hypster tadi ke dalam box, lalu click "simpan". Lalu aturlah tata letaknya jika diperlukan. Lalu click Simpan. 

Sekarang coba buka halaman blog Kamu. Jika berhasil, maka lagu akan muncul pada saat blog dibuka seperti pada saat Kamu membuka blog saya. :)

Sekian Tutorial mengenai memasang lagu ke dalam halaman blog. 
Maaf jika ada salah kata.... semoga tutorial ini berguna bagi teman - teman sekalian... :D

regards,
Zero Master





No comments:

Post a Comment