Home

Home
Cyber Generation For Better Future

Wednesday, October 12, 2011

Tutorial Cara Pasang Wi-Fi di Rumah

           Wifii? apaan sih wifii? kalau menurut Mbah Wiki, Wifii atau Wi-Fi (baca: Wai-Fai) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Tanpa Kabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11 dst dst dst... (untuk penjelasan teorinya silahkan baca di sini).


                  Lalu gimana prinsip kerjanya Wi-Fi tersebut? Bagan sederhananya adalah sebagai berikut:
Bagan Sederhana Wi-Fi
(Copyrighted by cyberx-generation.blogspot.com)

              Gambar di atas menggambarkan secara garis besarnya bahwa Internet tersambung melalui Internet Service Provider yang diteruskan melalui modem. Nah, dari modem tersebut dihubungkan ke sebuah alat yang bernama Router (yang mendukung koneksi wireless LAN), yang baru disambungkan ke PC atau Laptop maupun perangkat lainnya baik dengan menggunakan Kabel maupun tanpa menggunakan kabel.

So, Apa yang kita butuhkan?
1. ISP (yaitu yang menyediakan layanan internet seperti Speedy, Fastnet, ataupun yang lainnya). Dalam contoh saya ini, digunakan ISP dari Firstmedia (FastNet).

2. Modem yang tentunya disediakan oleh ISP (dapat dibeli dari ISP juga ketika mau pasang internet). 

Modem beli dari Firstmedia ketika pasang Internet


3. Router (Yang mendukung Wireless LAN, ditandai dengan adanya Antena)   , yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk membagi - bagi koneksi dari modem kepada usernya. Dapat dibeli dari toko - toko komputer terdekat.

NB: Perhatikan juga jarak jangkauan dari Router yang akan dibeli serta bahan konstruksi bangunan tempat tinggal Anda, bahan beton yang semakin tebal dapat mengganggu sinyal Router Anda, menyebabkan jarak jangkauan Wi-Fi menjadi relatif lebih terbatas. 

contoh Router di rumah saya

4. Kabel LAN kabel ini dibutuhkan selain untuk cadangan, jg untuk pertama kali dipasangnya router (untuk setting wireless LAN nya. 


Lalu, cara pasangnya gimana? gampang kok! 
1. Pastikan Modem Anda telah berfungsi dengan baik dan tersambung internet (dicoba dulu /di test dulu dengan menyambungkan kabel dari Modem ke PC seperti biasa). Kalau ga nyambung ya silahkan hubungi teknisi ISP nya dari customer service / call center.

Kalau sudah nyambung dan berfungsi dengan baik, lalu matikan power modem dan cabut kabel sambungan dari modem ke PC/Laptop Anda.

2. Sambungkan kabel sambungan dari modem yg untuk PC ke Router Anda (baca manual yang disediakan di box Router ataupun tanya waktu beli Router, Kabel dari Modem Colokin ke mana). Lalu, nyalakan Modem Anda, baru disusul dengan Menyalakan Router Anda.

Kabel dari modem yang seharusnya ke PC disambungkan ke Router
3. Pakai kabel cadangan sambungkan dari Router ke PC (contoh dari gambar di atas, colokan untuk kabelnya masih ada 4 yang kosong, itu untuk dicolok kabel LAN dari Router ke PC/Laptop Anda)

4. Lakukan Setting Router Anda (untuk guide setting Router dapat dilihat di sini  disarankan untuk didampingi oleh orang yang mengerti.)

Masih bingung? Ini Videonya cara pasangnya (maaf ga ada subtitle) (Video credits goes to ExpertVillage):





NB: Perhatikan dalam penempatan Modem dan Router agar tidak terlalu dekat dengan alat - alat eletronik seperti TV ataupun sangat dekat dengan sumber listrik (seperti colokan listrik ataupun sambungan). Jika suatu waktu Anda ga bisa terhubung dengan internet, namun indikasi modem terkoneksi dengan baik, namun Anda tidak dapat melakukan browsing, cobalah untuk merestart router Anda (matikan lalu nyalakan kembali Routernya). :)

Mudah Bukan? Demikian Sedikit guide dari saya mengenai tata cara pemasangan wi-fi..






1 comment: