Animated Banner

Animated Banner
Cyber Generation For Better Future

Ads

Popular Article

Wednesday, October 12, 2011

Cara Setting Router untuk Wi-Fi

             Berikut adalah step by step secara detail mengenai bagaimana cara mengaktifkan dan melakukan setting password pada Router Anda. Dalam contoh ini, saya menggunakan google Chrome sebagai web browsernya, Windows XP dan TP-Link model TL-WR542G  (dengan updated Firmware Version 4.0.1 Build 081021 Rel. 48660n).

           Perhatian: sebelum melakukannya, harap baca hingga tuntas (kalau perlu dibaca ulang 2x hingga dipahami dan perlu teliti apa yang sangat perlu diperhatikan. Jika Anda tidak Yakin, Anda dapat meminta tolong kepada Toko dimana Anda membeli untuk setting Routernya, ataupun teman Anda yang berpengalaman di Bidang ini.



1. Pastikan bahwa Router terhubung menggunakan kabel dengan PC/Notebook/Laptop Anda. Jangan lupa baca - baca dulu buku cara pasang Routernya. Juga lihat di bagian bawah Router biasanya ada Informasi yang perlu Anda catat. Contoh di bagian bawah Router saya ada penampakan seperti ini:

gambar tampak belakang Router yang perlu dicatat


2. Sekarang buka web browser Anda (Internet Explorer, Firefox, Chrome, ataupun sejenisnya yang biasa Anda Gunakan. Pada address barnya alamat address Routernya, seperti yang tertera di buku ataupun di belakang Router. Contoh, di Belakang Router saya tertulis "IP: 192.168.1.1" maka yang saya ketikan di address browser saya adalah: 192.168.1.1 ,lalu tekan Enter.  (lihat gambar di bawah)

Ketikan address router

Setelah Anda menekan Enter, akan muncul minta username dan password. (lihat di gambar belakang router saya terdapat tulisan "Username: Admin    Password: Admin", maka masukkan Username nya sesuai dengan yang tertera.




3. Jika langkah di atas telah Anda lakukan dengan benar, maka Web browser akan menampilkan halaman Router anda, sebagai contoh seperti yang saya miliki di bawah ini...


Cari Menu yang berhubungan dengan dengan Wi-Fi (misalnya Wireless atau WLAN, dan sebagainya), contohnya kalau di tempat saya Menu ada di sebelah kiri, dan yang berhubungan adalah Wireless > Wireless Setting. Bukalah menu tersebut, maka akan terlihat kira - kira seperti pada gambar. (lihat gambar di bawah)

Click Gambar untuk memperbesar

Perhatikan Menu yang saya klik adalah menu Wireless Setting (dikotakin Kuning).
Nah, yang perlu Anda lakukan adalah mengisinya

SSID   : isikan untuk penamaan koneksi wireless Anda, contoh: koneksi wifi

Region : Pilih Negara dimana Anda berada

Channel : - biarkan saja -
Mode   : -biarkan saja -

Pastikan "Enable Wireless Router Radio" dan  "Enable SSID Broadcast" dalam keadaan tertandai/tercentang/dalam keadaan ON

Security Type : ubah menjadi WPA-PSK/WPA2-PSK

setelah diubah maka biasanya dibawahnya akan berubah secara automatis.


Cari PSK PassPhrase: Isikan dengan password yang Anda inginkan, misalnya: 12345678
(sesuaikan dengan syarat jumlah mininum karakter passwordnya, dan tentunya mudah untuk diingat). Atau Jangan lupa dicatat!

Jika telah selesai, silahkan klik tombol save. Tunggu beberapa saat.

               Selesai melakukan setting, saatnya untuk mencoba wireless Anda. Lepaskan kabel LAN dari PC/Laptop Anda, lalu coba nyalakan Wi Fi pada laptop Anda. Kalau tidak menyala, coba lihat di Start Menu > Connect To > Wireless Connection


Start Menu > Connect To > Wireless Connection


Maka, Windows akan menampilkan list Wi-Fi yang tersedia seperti tampilan gambar dibawah ini.

List Wi-Fi tersedia/yang nyala akan ditampilkan di sini

              Silahkan cari nama Wi-Fi Anda, misalnya seperti yang saya contohkan di atas adalah "koneksi wifi" (sesuai dengan yang Anda isikan di kolom SSID). Lalu click tombol "connect"  di sudut kanan bawah.

              Tunggu beberapa saat, dan akan ada minta password, silahkan Anda masukkan password yang telah Anda ketikan pada saat setting di atas. Seperti contoh saya adalah "12345678", jikalau confirm passwordnya tidak automatis, maka ketikan kembali passwordnya di kolom konfirm.

               Dan jangan lupa centang Automatically connect ataupun remember password jika ada, baru klik OK atau Yes. Jika Sukses maka statusnya akan menjadi "Connected" seperti gambar di atas. Langkah selanjutnya adalah mencoba untuk surfing di Internet.


Video Guide (credits for Video to BeYourOwnIT.com): :)







Selamat Mencoba. :)








1 comment: