Animated Banner

Animated Banner
Cyber Generation For Better Future

Ads

Popular Article

Tuesday, October 11, 2011

Planning Pemasangan CCTV

           Baru aja liat berita di tr*ns7, tentang maraknya pencurian di Mall yang tertangkap kamera cctv. well, rasanya jaman sekarang cctv diperlukan bukan hanya di Mall atau perkantoran aj, bahkan banyak rumah sekarang yang dirasa perlu dipasangi cctv untuk alasan keamanan lho... :)

           Penasaran tentang cara pasang cctv, terutama yang wireless, soalnya kalau pake yang cable kayaknya agak repot ya... So, gimana sih cara pasangnya? karena rasa penasaran, maka di search lah di youtube, nah berikut contoh cara pasang yang simplenya... :)







             Adapin yang saya rasa perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam memilih cctv, supaya tentunya hasilnya ga "asal pasang" saja. 
1. Where and How Many 

              Berapa banyak cctv yang kita butuhkan? tentunya untuk suatu keamanan seperti taraf toko tentunya 1 saja dirasa masih kurang. Mungkin butuh 2 atau lebih cctv, namun juga harus dipertimbangkan juga.... dilihat - lihat dimana kah tempat yang tepat untuk memasangnya, apakah Angle tersebut tepat atau tidak.

2. Jenis CCTV yang sesuai
           
      
               Setelah dilihat dari environment sekitar tempat yang mau dipasangi cctv, maka kita musti cari - cari kira - kira CCTV seperti apa yang kita butuhkan. Misalnya dari segi sizenya, di pasaran tersedia dari ukuran yang paling kecil hingga yang besar... dan juga kapan cctv tersebut akan digunakan/dinyalakan (apakah 24 jam atau siang saja), tentunya kalau untuk pemakaian 24 jam dibutuhkan juga fitur night visionnya, kalau cctv hanya akan dipakai waktu siang saja tentunya tidak perlu membeli yang mempunyai fitur night vision.

                 Tapi yang paling penting adalah bandingkan lingkungan sekitar tempat yang direncanakan untuk pemasangan dengan resolusi gambar cctvnya. 420 TVL adalah sebuah kualitas resolusi yang minimum, dan 540 TVL telah dapat dikatakan mempunyai resolusi yang standar, ataupun Anda mau memakai yang resolusi tinggi? kalau demikian Anda dapat memilih yang 700 TVL, dan tidak menutup kemungkinan ada product yang lebih tinggi lagi di masa yang akan datang.

                     Pertimbangkan juga kapasitas fokus lensanya, kalau semakin pendek fokusnya, tentunya sudut pandang akan lebih luas, namun Zoomingnya terbatas, tipe ini biasanya digunakan untuk merekam peristiwa yang jaraknya dekat dengan kamera (penempatan cctv yang dekat dengan scene yang Anda inginkan). Tapi jika fokusnya lebih besar (lensanya lebih panjang), tentunya sudut pandangnya akan lebih sempit, namun Zooming fokus yang Anda dapatkan akan lebih baik, tipe yang ini biasanya digunakan untuk merekam peristiwa yang jaraknya agak jauh dengan penempatan cctv. 

                   Juga pertimbangkan fitur - fitur dari cctv tersebut, misalnya telah terdapat motion censor seperti yang pada video, ataupun ada penambahan vitur lainnya dari masing - masing product.


3. Budgeting 
                       
                Well, what else? pepatah mengatakan UUD (ujung - ujungnya duit), ga ada duit ga ada barang, so yang satu ini musti dipertimbangkan masak - masak.

                Dari pertimbangan di poin no 1 dan 2, maka mulailah kita membuka dompet kita, yaitu untuk melihat berapa budget yang kita punya, serta berapakah berapa harga pasaran cctv nya? well, kalau memang tidak mencukupi ya musti ada planning lebih lanjut, kayak nabung dulu, atau tidak menutup kemungkinan untuk beli yang second hand kan. Lebih murah, namun juga harus dilihat dulu apakah masih dapat bekerja dengan baik. Dan kira - kira bisa tahan lama atau tidak.... :)

             Demikian sedikit ulasan mengenai Planning pemasangan cctv dari saya, semoga membantu Anda dalam membuka pikiran tetang hal - hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai hasil yang diinginkan. :)








No comments:

Post a Comment