Animated Banner

Animated Banner
Cyber Generation For Better Future

Ads

Popular Article

Monday, October 10, 2011

Windows 7: Robocopy

           Berikut adalah tips bagi pengguna windows 7, yakni mengenai bagaimana cara melakukan proses copy file yang lebih cepat daripada perintah copy yang biasa, yaitu dengan menggunakan fungsi yang disebut Robocopy (Robust File Copy). Sayangnya, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna windows 7 aja.

             Dengan menggunakan Robocopy, proses copy direktori atau subnya membutuhkan waktu yang lebih cepat daripada kalau kita menggunakan perintah copy biasa. Dan hebatnya lagi, dalam windows 7 perintah ini telah mendukung fungsi *multithread file copy. 

               Ok... Ok... cukup penjelasannya, lalu gimana cara pakainya? Mari ikuti langkah - langkah berikut...


1. Buka window Run (dengan menekan tombol window + R di keyboard), lalu ketik "cmd" tanpa tanda petik di kotak textnya, lalu tekan tombol enter atau click OK.

2. Lalu, windows akan menampilkan screen commandprompt, selanjutnya adalah ketikan "robocopy", lalu di tekan tombol Enter (keyboard) untuk melihat informasi mengenai perintah robocopy.

3.Selanjutnya, kita coba untuk menggunakan Robocopynya. Ketikan perintah: Robocopy [spasi] lokasi yang mau dicopy [spasi] lokasi tujuan [spasi] /MIR. Jangan sampai melupakan perintah /MIR untuk mengaktifkan mode Multithread.

contoh, saya mau mengcopy drive game dari drive c saya ke dalam folder backup\data di drive k, maka perintah yang saya ketikan adalah: "Robocopy  C:\game  d:\backup\data  /MIR" lalu tekan Enter.

4. Proses copy akan dimulai dan bisa dilihat bahwa prosesnya lebih cepat daripada proses copy yang biasa.

Demikian tips ini, masih banyak lagi contoh untuk penggunaan Robocopy ini, bisa dilihat di sini.

*Definisi: 
- Multithread File Copy: Kemampuan untuk melakukan banyak proses penyalinan File atau direktori dalam satu waktu  atau membaca banyak file/direktori sekaligus dalam satu kali proses penyalinan file. 



Sumber: PC Mild Edisi 01/2011.13-26 Januari 2011






No comments:

Post a Comment