Animated Banner

Animated Banner
Cyber Generation For Better Future

Ads

Popular Article

Sunday, October 9, 2011

Tech News: Chrome Remote Desktop (BETA)

           Belakangan tentunya ga jarang kita liat iklan - iklan yang berhubungan dengan google. Juga rasanya dah ga asing lagi di telinga teman - teman kalau saya menyebutkan sebuah kata: "Google Chrome". Ya, Google Chrome, yang merupakan sebuah web browser keluaran product dari si Mbah Google. Pemakaian cukup mudah, dan juga mendukung browsing relatif cepat (bukan maksud untuk iklan lho). :)

           Well, pada hari Jumat lalu, si Mbah telah merilis Extention (add-on) Baru untuk Chrome. Sebuah Extention yang membuat seseorang dengan menggunakan sebuah komputer bisa melakukan remote control terhadap komputer lainnya yang berada di dalam sebuah jaringan.


           Extention Chrome Remote Desktop ini masih versi BETA (red-wiki: masih dalam tahap pengujian) ini merupakan Browser-Based yang dapat berfungsi selayaknya aplikasi-aplikasi remote desktop lainnya untuk OS yang konvensional. Aplikasi yang tentunya sangat berguna bagi IT administrator untuk melakukan manage terhadap komputer staff perusahaannya, juga bagi kita yang sering kali diminta untuk melakukan perawatan/maintenance untuk komputer saudara maupun kerabat kita, atau bahkan juga bagi diri kita sendiri yang ingin mengakses desktop kita dari tempat yang sangat jauh.

Remote Desktop dari Mac ke Windows
(Image by Google)
          Chrome Remote Desktop BETA mempunyai kemampuan untuk membuat user dapat mengakses komputer lain secara remote dari Chrome Browser maupun Chrome-book. Juga ada tambahan catatan yang menyatakan bahwa, CRD BETA dapat menunjang cross-platform, jadi kita dapat melakukan koneksi antara 2 komputer yang mempunyai chrome browser, yang menggunakan OS Windows, Linux, Mac, dan Chrome-book. Maksudnya adalah kalau kita menggunakan Linux atau Mac, kita bisa melakukan remote desktop yang  ada di windows ataupun sebaliknya. :)


          Dan dirasa bahwa CRD merupakan salah satu teknologi terbaru yang menjadi faktor penting di dalam perkembangan teknologi. Google Chrome menargetkan dirinya kepada organisasi - organsisasi yang mau mengurangi biaya untuk administrasi komputernya, dan remote management merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai goal tersebut.

Code yang dapat diberikan kepada user yang ditunjuk
(Image by Google)
          Teknologi sekarang sangat terbatas, jadi "permission" harus diberikan setiap kali remote administration diaktifkan, akan tetapi pada versi ini menjadikan para user untuk melakukan share dengan atau melakukan akses kepada komputer lain dengan memberikan one-time authentication code yang hanya berlaku untuk orang yang diidentifikasi/ditunjuk oleh user dan hanya sekali pakai, serta sesi sharing tersebut tentunya aman secara penuh. 

User yang ditunjuk memasukan access codenya
(Image by Google)

           Berikut adalah sedikit detail mengenai teknologi yang berjalan dari seorang Googler yang bernama Hin-Chung "Alpha" Lam, yang melakukan penjelasan di dalam Chrome Mailing List:

_______________________________________________________________________________

The Protocol is something we designed and based on several google technologies:

1. Bottom layer is p2p connection established by libjingle [a Google collection of peer-to-peer software tools], this can be UDP, TCP, or relay through Google.
2. We use PseudoTcp implementation in libjingle to provide reliable connection.
3. On top of that is SSL connection.
4. Protobuf [Google's protocol buffers software] is used for structured data and framing.
5. Graphics is encoded using VP8 [Google's video codec].

_______________________________________________________________________________


Sergey Ulanov menambahkan, "There is no spec for the protocol yet, but we will probably publish something as the protocol matures. Them Implementation is open-source," with Source code available through the Chromium project that underlies Chrome.



_______________________________________________________________________________


Demikian Berita yang saya sadur dari technology news, teknologi apalagikah yang akan bermunculan? kita tunggu saja beritanya, ATAU daripada menunggu, mengapa kita tidak mencoba mengambil sebuah langkah yang besar dan menciptakan teknologi itu sendiri? :)



Sumber: http://news.cnet.com/8301-30685_3-20117619-264/chrome-extension-enables-remote-computer-control/






No comments:

Post a Comment